surat 2

Usai training LK I di gedung HMI Yosodipuro No. 81 Solo, aku ditunjuk sebagai koordinator eks angkatan Lk I Komisariat Fisipol UNS ini (Kalau tidak salah training itu dilaksanakan sekitar bulan Maret 1990-an).

Salah satu materis kegiatannya adalah asistensi dan penambahan wawasan ke HMI-an melalui kajian kajian yang dilaksanakan secara rutin, yang bersifat nonformal tapi sekaligus mempunyai nilai atas semangat dan kecintaan terhadap organisasi HMI ini.

Kajian dilaksanakan pada hari, tanggal dan jam yang ditetapkan berdasarkan kesepakatan bersama, agendanya diputuskan secara bersama, biaya yang timbul ditanggung bersama, pembicara/pemateri dicari secara bersama, thema yang akan dikedepankan juga dibahas bersama, cuma undangan dan penyebarannya biasanya dilakukan oleh aku seorang diri.

Waktu itu memang belum ada HP atau Pager yang bisa SMS dengan singkat, murah dan cepat sampai ke tujuan dan segala pesan dapat segera tersosialisasikan. Dari sinilah maka menulis dan menyebarkan undangan adalah pekerjaan yang cukup melelahkan dan menyita waktu. Maklum peserta LK I angkatanku tempat kost-nya terbentang dari Pabelan, Unisri, Solobaru sampai kawasan Kenthingan yang senada dengan mengelilingi kota Solo dari sudut ke sudut.

Sebenarnya dari sinilah aku bisa mengambil hikmah bahwa, bagi mahasiswa : membaca pengumuman, mencatat, kemudian menghadiri apa yang dimaksudkan undangan/pengumuman itu adalah cara terbaik untuk melakukan proses pengkayaan informasi, pematangan berpikir dan kedewassan menghadapi segala urusan yang harus diselesaikan (dipilih dan dipilah)

Saking berjubelnya agenda dan kegiatan, terkadang mengirim dan menulis undangan adalah pekerjaan yang membosankan ! dan menghadiri undangan juga pekerjaan yang menyita waktu dan biaya, terlebih jika kantong lagi bokek/kosong ? Waaah bisa tambah runyam …

Makanya waktu demi waktu menghadiri asistensi untuk pengkayaan informasi sesama alumni LK I angkatan Maret 1990 makin lama pesertanya makin sedikit … tergerus oleh waktu dan masa, dimana aktivitas di kampus juga semakin banyak dan tak bisa ditinggalkan … (pilihan yang berat : menjadi aktivis kampus dan menjadi aktivis HMI/ekstra kampus)

Dari sinilah cerita itu muncul, ditengah kebosanan menghadiri undangan … maka pada sebuah undangan aku tulis pada bagian penutupnya (meminjam syair lagu dari KLA Project yang lagi inn waktu itu) : … Cukup bagiku … hadirmu … membawa cinta … selalu uuuu … dengan tujuan agar para pembaca menjadi tertarik (tidak bosan/jenuh) dan pada akhirnya bersedia datang menghadiri acara yang sebenarnya sudah di agendakan bersama itu.

Spontan saja mas Joko Purnomo (Joko Pitek: Salah satu aktivis HMI paling kawakan yang aku kenal) yang mengasisten-i kami memperingat kan aku : Yanuar … di HMI itu kalau menulis surat ada tata bahasa bakunya !! jangan kamu menulis se enak pikiran mu ?? ini menyalahi konstitusi !!

Aku terdiam saja …

Maklum sebenarnya aku tahu kalau menulis surat di HMI adalah selalu diawali dengan : Assalaaamu’alaikum wr. wb. Ba’da salam sejahtera semoga rahmat ALLAH SWT senantiasa terlimpahkan kepada kita semua, Sholawat dan Salam kepada Junjungan kita Nabi Muhammad SAW semoga terlimpahkan kepada kita sekalian ……. dilanjutkan maksud dan isi surat …… dan penutupnya diakhiri dengan kalimat : ….  Billahit taufiq wal hidayah, wassalaaamu alaikum wr. wb. baru ditutup dengan tanda tangan ketua dan sekretaris (cap stempel).

Tetapi maksud hati kan, agar surat terbaca lebih seger, baru, unik dan menarik hati pembacanya … dan pada akhirnya si pembaca sudi meluangkan waktunya untuk datang menghadiri undangan tersebut ??

Lha, kenyataannya kalau aku tutup dengan syairnya KLA Project … itu kesalahan yang cukup fatal !!!

Yaa sekali lagi, mohon maaf kang Joko Pitek …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: