si kidal

Anak kedua ku, perempuan bernama Annisa Nawangsari, aku memanggil anak perempuan kesayangan ini dengan Mbak Gendis, makanya teman sekolahnya, simbah dan semua saudaranya akrab memanggilnya dengan Mbak Gendis.

Bagiku Mbak Gendis adalah anak yang lucu. Disamping jenis kelamin dan jenis rambut yang berbeda dengan kakak-nya, Mas Alif yang berjenis kelamin laki laki dan berambut lurus, maka mbak Gendis adalah sosok perempuan yang ber-rambut ikal/keriting.

Uniknya lagi, Mbak Gendis memiliki orientasi menulis, menggambar, memegang benda dan berkarya dengan lebih mengandalkan tangan kiri alias kidal beda dengan kakak nya yang berorientasi dengan tangan kanan. Subhanallah … sebuah anugerah Allah yang Maha Indah dan Mengagumkan !.

Terus terang aku tidak pernah menyangka sebelumnya, namun ketika memasuki usia setahun dan aku mulai mengamati gerak tangannya yang lebih lincah dan cekatan dengan tangan kiri … maka aku berkesimpulan, barangkali Mbak Gendis memang kidal, hal ini adalah sesuatu yang langka sekali (tidak ada) dalam ruang kingkup kekerabatan keluarga besar ku dan keluarga besar istri ku.

Ibaratkan nantinya akan memiliki bakat dan kebisaan sebagai penggesek/pemain biola atau pemain pingpong bahkan pemain bulutangkis sekalipun, aku akan bangga dibuatnya. Dan itu sudah aku katakan pada Mbak Gendis sejak kecil, bahwa ini adalah kelebihan yang diberikan oleh ALLAH pada Mbak Gendis. Tentu juga menambah kelucuan, keindahan dan kehebataan anugrah ciptaan Nya itu.

Membayangkan keunikan orang orang bertangan kidal adalah pemikiranku sejak lama, aku masih ingat teman SMP ku di SMPN 10 Magelang yang bernama Teguh Priyanto yang beraktivitas menggunakan tangan kidal, demikian juga beberapa Presiden Amerika seperti Abraham Lincoln dan Bill Clinton, ibu kost ku di Kupang NTT, Mak Liem yang bersuamikan orang Magelang (Pak Dhe Slamet), beberapa teman kantor di Dolog NTT juga kidal. Entah mengapa begitu kagumnya aku dengan orang orang yang bertangan kidal. Sekarang syukur Alhamdulillah ternyata anak ku yang perempuan juga kidal.

Kidal, memang lebih baik

Leave a Reply

