Surat

Usai training LK I di HMI Cabang Solo, aku langsung ditunjuk sebagai ketua panitia konperensi cabang – karena bersifat mendadak, darurat dan harus disegerakan karena satu dan lain hal, maka konperensi cabang itu dinamakan luar biasa – atau Konperensi Cabang Luar Biasa.

Saat itu aku yang baru sekitar satu minggu menjadi anggota HMI, maka jalinan perkawanan ku tentu masih terbatas, maka untuk menyusun kepanitiaan aku langsung menunjuk Susanto Kartubij (sekarang adalah kandidat Doktor ilmu komunikasi yang sekolah S3 di Universitas Indonesia) sebagai sekretaris-ku dan beberapa teman untuk beberapa seksi dalam kepanitiaan.

Kenapa aku memilih Susanto Kartubij, ya karena bagiku ia adalah satu satunya kawan ku yang mahir komputer (sejak saat itu, hingga hari ini ia memang ahli komputer) dan ia bersedia bekerja bersama dalam kepanitiaan bersama aku saat itu.

Hari berjalan, rapat ditentukan, keputusan dijalankan, surat dilayangkan, undangan disebarkan, proposal dana diedarkan. semua tampak berjalan sebagaimana mestinya.

Tiba tiba, Dwiki yang kala itu sudah pengurus cabang, mencak mencak dan bernada marah memperingatkan pada saya dan Santo (panggilan akrab Susanto Kartubij) dan mengatakan : “Yan ! Apa kamu tidak pernah membaca pedoman organisasi ?? Apa kamu tidak bisa menulis surat dengan benar ?? apa kamu tidak tahu kalau berkirim surat itu ada bahasa bakunya ?? dan banyak lagi pertanyaan dari Dwiki (Sahabatku yang terkenal sangat teliti, kaya informasi dan rajin membaca).

Aku terbengong saja, Wik (panggilan Dwiki) apa salahku ?

kamu tahu nggak kalau memberi nomor dan kode surat di HMI itu hanya ada 2 kode saja (yaitu A : Kalau bersifat Internal dan B : jika surat itu ditujukan kepada pihak luar/bukan HMI) …. masak ini ada kode surat sampai huruf G (Ge) …. apa apaan ini ?????

Aku dan Santo terdiam, dan lalu segera memperbaiki surat surat itu, dan selanjutnya kami baru sadar bahwa memang surat perlu kode dan nomor yang jelas …!

Kalau teringat hal itu aku jadi tertawa sendiri …. sambil melihat buku catatan Santo yang memang diurutkan dari A, B, C, D …… sampai G !!

hehehe…..hehehe….

Aku sih tahunya tinggal tanda tangan saja ….ternyata keliru,

Sorry ya Wik ??

One Response to Surat

  1. witantra says:

    mas, boleh minta e-mail pak santo?
    saya mantan mahasiswa bimbingan skripsinya..
    trims..

Leave a Reply

